Aplikasi Google Photos Yang Meminta Perhatian Pengguna Mobile

Google telah mengembangkan aplikasi mobile terbaru setelah beberapa waktu lalu menonaktifkan layanan edit foto Picasa. Fitur Google Photos adalah nama yang diberikan. Aplikasi ini pun menawarkan pilihan penyimpanan foto otomatis pada smartphone Android. Pengguna smartphone Android kini dapat langsung menyimpan otomatis untuk menyusun aneka gambar foto atau video yang tersimpan dalam ponsel dalam bentuk album.

Selepas Dari Google foto tersebut, google juga baru baru ini telah meluncurkan salah satu Aplikasi Mobile Google Allo yang telah resmi beredar di smartphone masyarakat luas. Maka dari itu, google juga telah dijulukin sebagai dunia dalam genggaman. Sangat banyak para pengguna mobile yang bisa menikmati fitur dan aplikasi-aplikasi yang sangat mutakhir diluncurkan oleh pihak google itu sendiri.


Tidak hanya itu Google Photos ini juga menawarkan kemudahan untuk memberi keterangan gambar foto secara otomatis berdasarkan lokasi peta online ketika pengambilan foto pada smartphone yang terkoneksi denan internet. Pengguna juga dapat menyusun dan memilah-milah foto kemudian menyusunnya ke dalam album.

Google Photos juga menawarkan layanan yang dapat digunakan untuk mengedit foto layaknya layaknnya aplikasi foto lainnya, misalnya mengumpulkan beberapa foto yang membentuk kolase menjadi serangkain foto, bahkan fitur ini dapat memasukkan video di tengah-tengah album.

Google, sebagai raksasa internet tentunya tidak ingin tertinggal dalam menyediakan berbagai layanan. Salah satu yang teranyar adalah Google Photos yang diluncurkan pada acara Google I/O Mei 2015 lalu. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android.

Dua fitur utama dari Google Photos pastinya adalah memberi kapasitas penyimpanan cloudyang besar – sekitar 26 GB dan fitur edit foto yang berbeda dari aplikasi lainnya. Selain dua fitur utama tersebut, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur menarik lainnya yang dapat digunakan. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Kustomisasi tampilan foto

Saat mengakses Google Photos, semua foto akan ditampilkan dalam urutan dari tanggal terbaru foto tersebut diambil. Namun kamu juga dapat memilih untuk mengatur foto berdasarkan nama, lokasi, ukuran, hingga tanggal terbaru foto ditambahkan. Setelah memilih kustomisasi tersebut, foto akan langsung diurutkan sesuai dengan yang kamu mau.

Backup otomatis untuk foto dan video

Selama akun Google terintegrasi dengan perangkat kamu, mulai dari smartphone hingga PC, maka secara otomatis layanan ini akan mem- backup foto dan video. Hal ini membuat kekhawatiran kapasitas penyimpanan perangkat kamu berkurang, terlebih bagi yang hobi fotografi atau bahkan sekadar selfie.

Fitur pencarian pintar


Terkadang kamu mengalami kesulitan saat harus mencari sebuah foto yang disimpan di Google Photos karena terlalu banyaknya jumlah foto yang ada. Namun, jika kamu memanfaatkan fitur pencarian instan yang diusung Google Photos hal itu tak akan terjadi.

Dengan fitur ini, kamu bisa mencari foto yang diinginkan hanya dengan mengetik beberapa kata kunci berupa objek, warna, atau keterangan lainnya yang ada di dalam foto ke kolom pencarian, maka secara otomatis foto dengan benda yang dimaksud akan ditampilkan di hasil pencarian.

Edit foto dengan format .gif

Fitur satu ini memang belum banyak ditemukan di aplikasi edit foto lainnya. Ya, Google Photos menyajikan fitur edit beberapa foto menjadi gambar bergerak dalam format .gif secara mudah.

Timeline interaktif

Meski menyandang predikat sebagai layanan penyimpanan foto, Google Photos tak sekadar menghadirkan tampilan timeline yang membosankan. Google Photos justru menghadirkan tampilan yang menarik layaknya tampilan media sosial pada umumnya.

Kamu bisa mengatur tampilan foto maupun video yang tersimpan berdasarkan peristiwa yang terjadi. Melalui pengaturan tampilan timeline ini, kamu dapat melihat kembali berbagai peristiwa dalam bentuk animasi interaktif yang mungkin bisa menghidupkan memori lama kamu.

Fitur gabungan foto Panorama

Di beberapa aplikasi edit foto memang sudah tersedia fitur Panorama untuk menampilkan foto secara vertikal. Namun bila kamu ingin foto lama mu digabungkan menjadi foto baru dan menggabungkan memori di dalamnya, Google Photos memiliki kemampuan untuk itu. Cukup dengan memilih foto yang diinginkan dan hasilnya akan menjadi foto “baru”.

Notifikasi layaknya asisten pribadi


Dengan fitur pencarian pintar yang ada, Google Photos akan secara otomatis mendeteksi foto yang serupa. Bila menemukan hal seperti ini, akan langsung tertera notifikasi untuk mempertahankan atau menghapus foto tersebut.

Hal lainnya adalah akan pula terdapat notifikasi bila memori smartphone kamu sudah menipis. Fitur ini akan langsung membersihkan memori foto atau video yang telah terunggah di Google Photos di smartphone kamu.

Kompresi ukuran foto atau video

Setiap foto atau video yang sudah terunggah di Google Photos akan langsung dikompresi hingga 80 persen. Tentunya fitur ini akan mengurangi konsumsi data internet yang kamu gunakan saat mengaksesnya.

Itulah tadi sebuah ulasan mengenai peluncuran google foto yang sangat menarik pehatian para pengguna mobile. Apakah sebelumnya anda sudah menggunakan aplikasi tersebut? Jika belum, cobalah sensasi dari aplikasi tersebut sekarang pun bisa.

Sampai disini sajalah perjumpaan kita pada artikel kali ini yang sudah mengupas dengan tuntas mengneai google foto tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menemani waktu luang anda serta bisa menambah wawasan anda tentang google. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya.